Daftar orang KEREN

Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » Merawat tangki motor baru

Merawat tangki motor baru

Penyakit tangki motor yang bocor mungkin banyak dialami oleh pemilik motor cowok misalkan motor saya pribadi ini yaitu honda tiger revo, tangki bocor ini sering terjadi pada honda tiger, honda mega pro, dan GL yang mayoritas motor-motor baru. apakah para brother maniak sering mengalami kejadian serupa ini?
 tangki tiger
Apa langkah pertama saya ketika tangki motor saya ini bocor?yang pertama adalah menambal dengan sabun deterjen seperti ini,tapi ini hanya bertahan dalam beberapa jam saja.
merawat tangki
Bingung harus berbuat apalagi,akhirnya langkah kedua langsung saja aq bawa ke tukang patri dengan ngeluarin gocek 180ribu.alhasil tangkiku di patri rata seperti gambar di atas.
Akhirnya aq agak lega setelah di patri ternyata tidak bocor lagi, dan motor tigerku siap digeber lagi...brrrrrrum..berangkattt..
tidak disangka,setelah seminggu tangki yang ditambal kokoh menggunakan timah itu akhirnya bocor lagi.pusing rasanya udah ngabisin uang banyak karena harga jasa patri yang begitu mahal ehh ga taunya bocor lagi.
saya ga kehilangan akal, saya beli lem besi di toko bangunan. saya tambal yang bocor tadi, masih belum puas trus saya tambal rata tangki honda tiger.
dan masih belum puas lagi setelah saya tambal menggunakan lem besi saya cat menggunakan pylox.di dalam hati saya yang paling dalam berkata "tidak bakal bocor lagi untuk yang ketiga kalinya!!!"
taraaaaaa...akhirnya jadi tangki modif ala saya sendiri...wkwkwkwk
tangki bocor
dengan hati senang dan bangga, saya geber motor muter-muter kota surabaya..ahayy..
tidak selang lama,tangkiku bocor lagi.sedih sedih...
udah keabisan akal,akhirnya aq pake cara yang terakhir yang aq jamin tidak bakal bocor.yaitu beli tangki motor tiger baru dengan harga 600 ribu rupiah.hikZ..
honda tiger
Sebenarnya cara-cara diatas jangan ditiru, itu adalah langkah salah saya agar dengan harapan tangki saya hilang dari penyakit bocor.
ternyata semua hasilnya nihil.
Ini ada sedikit Tips merawat tangki motor yang saya baca dari berbagai sumber agar tangki motor para pecinta motor tidak bocor seperti motor saya.

-Berikan magnet pada dalam tangki, berfungsi untuk menarik kerak-kerak besi pada dalam tangki

-Jika sudah bocor ganti plat bawah tangki dengan plat bahan Galvanis trus bagian dalam tangki di cat poksi anti karat, dijamin tidak ada keluhan rembesan yang berpindah pindah.

-Rekomendasinya menggunakan epoxy tapi karena lubangnya terlalu besar ditutup dulu dengan fibreglass woven dan resin, jadi ada composite material. butuh waktu sekitar 6 jam sampe kering benar. campuran hardenernya dipilih tidak terlalu banyak, agar tidak getas, dan kurang nempel. jika sudah tertempel rapi dan baik di bagian tangki yg bocor baru akhirnya ditutupi lagi seluruhnya dengan epoxy/plastic steel. permukaan yang ditutup material ini sengaja lebih lebar dari yang ditutup pelat kompositenya berharap dari kekuatan material kedua ini, semuanya lebih terekat baik.
untuk bahan yang kedua ini sebenarnya cepat kering.

cara lengkapnya:
Langkah awal lepaskan tangki dari motor, kuras bensin dan keringkan. Jika korosinya sudah parah ada baiknya ditambal terlebih dahulu. Kemudian ikuti proses berikutnya. Siapkan pelor komstir sebanyak mungkin dan 1 liter tiner. Masukkan ke dalam tangki dan guncang agar pelor bergerak ke seluruh tangki. Lakukan proses ini berulang-ulang, sehingga cairan tiner yang keluar dari tangki bersih dari karat. Kemudian keringkan di bawah terik matahari.

Setelah benar-benar kering, siapkan campuran tiner dengan epoxy. Usahkan campuran ini jangan terlalu kental, ada baiknya encer. Masukkan cairan epoxy ini ke dalam tangki. Goyangkan tangki agar cairan epoxy merata ke seluruh bagian. Diamkan tangki di tempat teduh hingga lapisan epoxy kering. Lakukan ini berulang ulang agar lapisan epoxy di dalam tangki tebal.
Setelah selesai pasang kembali tangki ke posisi semula.

-Untuk pencegahan, jangan sering membiarkan tangki dalam kondisi kosong. Soalnya bisa mengundang kondensasi dan air.

itulah sedikit tips yang benar agar penyakit tangki bensin motor baru anda tidak bermasalah,jika anda punya tips yang lain silahkan di share disini agar kita semua mendapat manfaatnya.
terima kasih semoga berguna brother maniak.

Jangan lupa baca artikel menarik juga mengenai Honda CBR 250 dan juga Yamaha scorpio Z.

63 komentar :

  1. Info yang bagus kawan
    makasih ya

    BalasHapus
  2. salam sahabat
    bagus simple cara merawatnya hehehe eh ternyata dah ssaya folow

    BalasHapus
  3. baru aja mengalami kebocoran deh rencana mau di patrin di daerah tidar...kalo dah gini ga jadi deh..mending beli baru aja

    thx info nya bro

    BalasHapus
  4. Apa itu pelor komstir Broo???

    BalasHapus
  5. mudah2an tigerku gak bernasib sama dnganmu kawan..........

    BalasHapus
  6. Sedikit Tambahan tips untuk merawat tangki agar tidak terlalu cepat Bocor:
    Usahakan Jangan Parkir kendaraan Motor anda di Bawah Terik Matahari kemungkinan karna Panas didalam Tangki akan menimbulkan embun yg jadi benih2 air penyebab karat, Dan usahakan Jangan mencuci motor dengan tekanan air yg kuat ( Stem )
    Air dengan tekanan yg kuat itu dapat masuk ke dalam celah2 Lubang Kunci dan merembes masuk kedalam Tangki..
    Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  7. makasih bro!! caranya keren banget sihh..hehe

    BalasHapus
  8. Makasih Bro, bonus infor yang manfaat!!!

    BalasHapus
  9. cairan epoxy bisa dibeli dimana mas bro kalo di daerah surabaya??

    BalasHapus
  10. Cairan epoxy yang yg dipake itu lem epoxy itu bro?trs dicampur tinner gt aja? Pake hardenernya skalian ĢÅąăā bro?hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai tiner retan di encerkan dengan tiner.masukkan ke tangki lalu di goyang2 lakukan beberapa kali agar lapisan tebal.

      Hapus
    2. Pakai tiner retan di encerkan dengan tiner.masukkan ke tangki lalu di goyang2 lakukan beberapa kali agar lapisan tebal.

      Hapus
  11. thanks................

    BalasHapus
  12. sama ane jg ngalami d tangki tiger revo saya tepatnya dket bagian kran tangki.... saya cm tambal pke lem besi aj tp hrs bner2 kering dl tangkiny dan d hilangkan karatnya....sampe skr blm bocor lg(jgn sampe) klo pkerjaannya rapih

    BalasHapus
  13. kalo boleh saran motor jangan dijemur diterik matahari.kalo isi bensin jangan dari sebelah kanan tapi dari sebelah kiri karna tekanan pompa bensin menekan ke arah posisi kran . biasanya kebocoran terjadi di sebelah kiri kalo kita duduk diatas jok.kalo bocornya kecil pake power glue campur abu rokok. dijamin tahan lama

    BalasHapus
  14. maaz koen ginandjar19 Desember 2011 11.53

    paten be ge te bro tipsnya... thanks ya..

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. terimakasih buuuuuuuanyak yaaaaaaa broooo atas info nya

    BalasHapus
  17. terimakasih buuuuuuuanyak yaaaaaaa broooo atas info nya

    BalasHapus
  18. terimakasih buuuuuuuanyak yaaaaaaa broooo atas info nya

    BalasHapus
  19. terimakasih buuuuuuuanyak yaaaaaaa broooo atas info nya

    BalasHapus
  20. 1. siapkan bubuk kopi, filter rokok & lem (alteco atw lem korea)
    2. oleskan lem ke t4 yg bocor
    3. tempelkan filter rokok atw bubuk kopi.
    4. oleskan lem (lagi).
    Untuk hsil yg lebih rapi, gunakan bubuk kopi.
    Sekedar info : cara ini pernah sy terapkan di motor GL MAX, sampe skrg aman2 saja.

    BalasHapus
  21. info tambahan...
    waktu itu saya tambalx sekitar th 2001, sampe komen ini diposting, t4 yg sudah ditambal tadi msh aman..man..man!!!

    BalasHapus
  22. 1. Bagian Tangki yang bocor di gosok dengan kertas pasir dulu sampe besi tangki kelihatan
    2. gunakan Lem Besi(EPOXI),Tunggu sampe Lem Benar2 Keras, kemudian Tampal Lagi dgn Lem Alteco di campur dengan Bedak
    3. Setelah kering Tampal Lagi dgn Lem Besi(EPOXI), ratakan dengan rapi, kemudian tunggu sampe Kering Lalu pasang

    BalasHapus
  23. Keren bnget info nya, sangat bermanfaat..
    tiger ane sekarang lagi bocor,, padahal udah di patri, di lem. skrang mo ganti plat bawah tangki dengan plat bahan Galvanis, yang penting mah usaha... sambil nunggu punya duit buat ganti tangki. hik,hik..

    BalasHapus
  24. cerita yg tragis kawan..hiks..tapi ane jg baru aja beli resin ma katalis buat nambal tangki pio z ane yg bocor..mudah2an awet ga bocor lg sampe 20 tahun mah..tp kalo bocor lg ya sudahlah nebus yg baru dr dealer

    BalasHapus
  25. Thanks banget bro.... sangat berguna banged nih info nya...

    BalasHapus
  26. Thank's mas bro sangat bermafaat infonya, jd au apa yg harus dilakukan. buat jaga2 siapa tau tiger ane bakalan bernasib sama (mudah2 jauh deh), hehehe...

    BalasHapus
  27. gila ni mmotor honda cacat amat platny tankiny tipis ner.......
    semua tmen ane pke honda yang tiger & megapro pasti bocor tankiny....
    gw ngalamin rasany nyesak bnget...berulang ulang2 bocorny....mesti perawatan setidakny 6 bulan sekali dikuras...

    BalasHapus
  28. MANTAP TIPS NYA, please kunjungan baliknya! -Rudyanto Lay

    BalasHapus
  29. mantaps sekali tips yang diberikan, memang trouble dari motor gede honda pada tangkinya

    oh ya kalo harga handle chuck tiger original berapa,ya ?

    BalasHapus
  30. info yg bagus. trs ada yg pernah berhasil tambel tangki bocor ga?

    BalasHapus
  31. Kebocoran tangki pada megapro dan tiger memang menjadi problem di kalangan pecintanya . Tapi sedikit share untuk megapro di tahun 2000-2002 untuk tangkinya lebih tebal dan bagus dalam artian tidak bocor. Megapro 2002 saya tidak pernah bocor hingga 2013 ini. Karena jangan pernah biarkan tangki dengan bensin minim. Artinya g bakal timbul karat jika bensin full tank. Sudah saya buktikan dan belum bocor . Insyaallah jangan bocor di usia megapro yang ultah ke 11 ini.

    BalasHapus
  32. artikelnya sangat berguna gan buat para penderita yg memiliki masalah yg sama terhadap tangkinya..

    salam kunjungan kembali...

    BalasHapus
  33. numpang tanya juga kawan?..
    bagaimana dengan epoxy yang didalam tanki apa kira2 lama-kelamaan tidak luntur yang nantinya akan mempengaruhi kinerja karburator,, thanks

    BalasHapus
  34. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada PAK MANDALA atas bantuannya saya bisa menang togel, saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsan karna angka yang di berikan beliau ternyata tembus. awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di daerah Malaysia. kerja sebagai TKI dan tidak ada ongkos pulang, mulanya saya ragu tapi dengan penuh harapan saya pasangin kali 100 lembar dan ALHAMDULILLAH berhasil. sekali lagi makasih banyak ya PAK… dan saya tidak akan pernah lupa bantuan dan kebaikan PAK MANDALA. kepada saudara yang ingin merubah nasibnya seperti saya silahkan Hub 0823″4898″5714 PAK MANDALA. Demikian kisah nyata dari saya dan ini tanpa rekayasa. INGAT. kesempatan tidak akan pernah datang Yang ke.(2).kalinya…!

    BalasHapus
  35. klau pengeen tangki tidak bocor,tangki hruus k'isi full,truus pkek lh petamax plus 1minggu skali,biar kotoran n kerak" hilang

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. mas tangki megaproku bocor... hiks hiks..

    tak tambal pake lem besi aja tadi.. :D

    BalasHapus
  38. Gebear harga promo murah dan aman di sani-shop : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS: 0816-597476 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://sani-shop.blogspot.com/.
    Ready Stock! Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
    Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000

    BalasHapus
  39. Mantap infonya gan semoga awet nih...salam Biker

    BalasHapus
  40. Terimakasih bro info'y

    BalasHapus
  41. dterima kasih juga my bro
    atas info nya ....

    BalasHapus
  42. pengalaman saya :
    tangki saya sudah bocor disana sini, rencananya ingin ganti yg baru, tapi harga nya naik terus,
    akhirnya saya coba dengan pengecatan dalam tangki.
    alhamdulilah, hasil nya memuaskan.
    cat epoxi itu seperti membuat tabung plastic"epoxi" dalam tangki.
    asal tangki tidak penyok, epoxi akan bertahan lama, lebih 10 tahun.
    cara menggunakan cat epoxi.1. gunakan cat dasar terlebih dahulu, tunggu kering 3-4 hari, relatif lama karena cat terlalu tebal (metode gravitasi/penuangan).
    setelah itu lapisi dengan epoxi untuk surface.
    Hasilnya mantapppp

    BalasHapus
  43. ada yg bilang sedia payung sebelum hujan..
    n itu bnar sekaliii.. sekedar bagi ilmu bro..
    ane pake tirev th 2011, alhamdulillah tangki aman trkendali mpe skarang..
    mnurut pengamatan ane pnyebab paling fatal tangki bocor ( khusus'y tirev ) itu faktor "AIR" bsa jadi air hujan ato air kta lg cuci tu motor.
    jd ane saranin bberapa hal buat hindarin tu.

    .usahain klo hujan/cuci motor sekitaran area tutup tangki wajib ditutupin pake apa aja trserah, mo pake lap,plastik,isolatip yg lebar ato pake apa lah.
    knapa ditutup.. krn leher lubang tangki tu pendek serta cekungan buat aliran air disekitar tutup tangki gak dalam/ agk rata. jadi baik air hujan/air cuci an motor pa lg yg pake semprotan/steam gampang masuk k dalam tangki. baik,cipratan nya ato lngsung air ke arah leher lubang tutup tangki.

    klo ane pas naek /parkir motor ditmpat trbuka trus hujan, ane tutupin pake tas jas hujan ato helm jd area tutup tangki gak basah/ kena cipratan air hujan..

    klo ane pas cuci ane tutupin pake kanibo/lap jd air gak langsung kna area trsbut/ diredam.
    klo habis hujan2an / dicuci ( khusus motor yg ada baut samping tangki kanan kiri ky tirev ) tiup sekuat mungkin pas lubang yg ada baut'y cz klo lama klama an air yg mnggenang dlm lubang baut bsa bikin karatan / sulit buka baut'y..

    usahain tangki motor bensin'y slalu full.. soal'y buat pencegahan barang kali tangki motor kta kmasukan air.. air & bnsin gak bisa mnyatu n pasti air yg didalm tngki selalu di pinggir dinding dalam tangki,gak mnggenang di tengah2 bensin.. lama klama'an bagian dlm tangki yg trus kna air psti karatan..

    moga ilmu ni brmanfaat bagi smwa...

    BalasHapus
  44. ijin menyimak dan berkunjung semoga kita selalu dilancarkan,terimakasih admin

    BalasHapus
  45. di bandung yang bias ngecat epoxy sama masang plat galvanid dimana yah? bingung nih :(

    BalasHapus
  46. Ijin menyimak dan belajar semoga kita semua ada dalam kelancaran salam hormat dari pengrajin
    Jaket kulit Garut .Thank Admin

    BalasHapus
  47. "TSU" (gabungan Facebook, Twitter, instagram dan path)" Disini semua aktifitas anda akan dihitung; like, komen, update status, unggah gambar, vedio dll (ada nilainya dan dibayar) karena 90% keuntungan TSU dibagi ke pengguna. Daftar https://www.tsu.co/pu2sastra

    BalasHapus
  48. haah... sial... motor tiger ku baru 5 thun udh bolak balek di tmbal... harga nya semakin lma semakin naik.. kualitas nya semakin minim nih hondaa... ni lagi nyari tangki baru... harus po dlu... gak ngerti juga ngerawat nya gimna.. tau nya cuma makek doang... biasalah... aku kan cewk.. mana tau masalh motor...

    BalasHapus
  49. haah... sial... motor tiger ku baru 5 thun udh bolak balek di tmbal... harga nya semakin lma semakin naik.. kualitas nya semakin minim nih hondaa... ni lagi nyari tangki baru... harus po dlu... gak ngerti juga ngerawat nya gimna.. tau nya cuma makek doang... biasalah... aku kan cewk.. mana tau masalh motor...

    BalasHapus
  50. haah... sial... motor tiger ku baru 5 thun udh bolak balek di tmbal... harga nya semakin lma semakin naik.. kualitas nya semakin minim nih hondaa... ni lagi nyari tangki baru... harus po dlu... gak ngerti juga ngerawat nya gimna.. tau nya cuma makek doang... biasalah... aku kan cewk.. mana tau masalh motor...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lapisi di dalam tangki dengan poxi retan untuk antisi pasi ke bocoran kuras tangki 7 bulan sekali..

      Hapus
  51. Terima kasih infonya gan, mantabbbssss...........
    Ditunggu postingan2 berikutnya.

    Finishing Floor Hardener
    Harga Epoxy dan Hardener.

    ----------

    BalasHapus
  52. mau main taruhan bola online, aman dan terpercaya. agent sbo ibc maxbet resmi. dengan promo bonus member baru dafftar segera di https://goo.gl/OQKZcJ
    atau mau liat gambar sexy abg https://goo.gl/8QSaFv atau tante sexy https://goo.gl/Hm3qfT berita bola pun ada https://goo.gl/ltFSUY yuk berkunjung


    Prediksi bola dan berita

    Abg Sexy Pamer body

    Tante sexy bikin ulah

    Agen terpercaya MAXBET

    Agen resmi terpercaya SBO*BET

    BalasHapus
  53. Ayo Daftar Sekarang Juga Hanya Di http://www.SAYANG77.COM
    Min Deposit & Withdraw : Rp. 20.000
    Bonus NEW MEMBER Rp15.000 Daftar di sini
    Bonus Turover 0.3%
    Bonus Refferal 15% seumur Hidup
    hanya ada di SAYANG77.COM
    AGEN POKER ONLINE
    Poker Online Indonesia

    BalasHapus
  54. Permisi numpang liwat yah gan...........
    1 Account Dengan 6 Games ALL IN 1 ONE SITE,Aplikasi Bisa Dimainkan Di Gadget,Smartphone Handphone & Tablet Anda Berbasis Android,Blackberry maupun iOS & Computer.Ajak Temanmu Bermain Bersama Dan Menangkan Jackpotnya,NantikanEvent & BonusYang Menarik Menanti Anda Hanya Di WWW.988POKER.CO
    Poker Texas>>Live Poker>>Domino QQ>>Bandar Ceme>>BlackJack>>Capsa Susun Online
    =======>988POKER
    =======>DAFTAR SEKARANG JUGA
    =======>Agen Judi Online
    =======>Poker Texas
    =======>Domino QQ
    =======>Bandar Ceme
    =======>BlackJack
    =======>Capsa Susun
    >>>>>>>>Berita Nasional
    >>>>>>>>Berita Politik
    >>>>>>>>Berita Megapolitan
    >>>>>>>>Berita Terupdate
    >>>>>>>>Berita Jakarta
    Menangkan Hadiah - Hadiahnya Tiap Minggu !!!
    Info Lebih lanjut bisa menghubungi kami melalui :
    Fanpage Facebook : 988POKER
    SMS : 0812-91-8888-08
    WhatsApp : 0812-91-8888-08
    BBM : D62477FB
    LINE : 988bet
    Instagram : 988poker

    BalasHapus

Terima Kasih atas komentar anda my bro....